BUKIT BANGKIRAI

balikpapan aalah pintu menuju hutan tropis kalimantan.kekayaan hayati yang melimpah menularkan berbagai objek wisata alami,sekaligus kawasaan konservasi untuk melinungi flora an fauna. salah satu kawasan yang bisa anda jelajahi adalah bukit bangkirai.
atraksi utama di kawasan konvervasi ini adalah jembatan kanopi (canopy bridge).jika ingin menguji nyali di atas ketinggian sekaligus menikmati hutan primer kalimantan, disinilah tempatnya.sebuah jembatan tajuk atau canopy bridge berusia puluhan tahun dikawasan hutan seluas 1500 hektare. titian sepanjang 64 meter ini terikat paa lima pohon bangkirai purba setinggi 30meter.
keasyikan yang kita temukan bukan saja bagaimana mengalahkan rasa takut meniti jalinan kayu selebar kurang dari setengah meter itu, melainkan menikmati keasrian rimba serta menghirup segarnya oksigen yang dihasilkan pepohonan ini. sambil melihat panorama hutan hujan tropis (tropical rain forest) bukit bangkirai kita bisa mengamati dari dekat formasi tajuk tegakan''dipteropcarpaceae'' yang menjadi cirikhas hutan hujan tropis. formasi tersebut membentuk stratum atas yang saling sambung menyambung. terdapat dua menara

dari kayu ulin yang didirikan mengelilingi batang pohon bangkirai.
kawasan ini disebut bukit bangkirai karena didominasi pohon jenis bangkirai yang tumbuh di kawasan hutan lindung ini. ada phon yang berusia lebih dari 150 tahun dengan ketinggian mencapai 50 meter dengan diameter2,3 m.pertumbuhan bani (akar papan) yang besar dan kuat menjadikan pohon ini memiliki nilai keindahan tersendiri.
kawasan bukit bengkirai termasuk daratan rendah (pri mary lowland) ''dipterocarp forest'' yang stabil,sehingga menjadikan tempat invasi burung dari wilayah kawasan hutan taman wisata bukit soeharto.
tercatat 133 jenis burung yang hidup di kawasan bukit bangkirai ini.jenis-jenis fauna adalah owa-owa (hylobates muelleri),beruk (macaca nemestrina)lutung merah(presby-tus rubicunda),monyet ekor panjang (macaca fascicularis),babi hutan (susvittatus)bajing terbang (squiler) serta rusa sambar (corvus unicolor) yang telah di tangkarkan.
kawasan bukit bangkirai juga kaya akan anggrek alam.minimal ada 45 jenis anggrek yang tumbuh secara alami di pepohonan yang masi hidup maupun yang sudah mati.diantaranya anggrek hitam (coelegyne pandurata) yang sangat terkenal. selain pembudidayaan anggrek-anggrek alam juga dilakukan pengembangan anggrek shilangan seperti anggrek kala, anggrek apple blossom dan anggrek vanda.selain kebun anggrek,kawasan wisata alam ini juga di jumpai kebun buah-buahan.
kawasan bukit bangkirai yang luasnya mencapai 1.500 hektare ini merupakan kawasan hutan konservasi  yang mempuyai peran penting untuk mengembangkan monumen hutan alam tropika basah yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan lingkungan da kehutanan. disamping pengembangkan potensi wisata alam dan penelitian ilmiah serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan dan hutan terutama pada flora dan fauna.
fasilita lain yang bisa kita nikmati jikaberwisata di tempat ini adalah penginapan ,restoran,taman bermain,hingga bumi perkemahan

0 Response to "BUKIT BANGKIRAI"

Posting Komentar